sejarah bahasa pemrograman C dan informasi sekilas tentang aplikasi code blocks

Sejarah Bahasa C

  Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer pada saat ini, bahasa pemrograman diawali oleh terbentuknya bahasa assembly yang dikembangkan oleh IBM pada tahun 1956-1963. Bahasa ini termasuk kedalam kategori bahasa pemrograman tingkat rendah , di tahun 1957, sebuah tim yang dipimpin oleh John W. Backus, sukses mengembangkan sebuah bahasa pemrograman baru yang lebih diarahkan untuk proses analisa numerik.

Bahasa pemrograman tersebut dinamai dengan bahasa pemrograman FORTRAN .Satu tahun kemudian, yaitu tahun 1958, para ilmuwan komputer dan teknologi dari Eropa dan Amerika yang tergabung  dalam sebuah komite menciptakan bahasa pemrograman baru yang lebih bersifat struktural dan dinamakan dengan bahasa ALGOL (Algorithmic Language). selanjutnya pada tahun 1964, IBM kembali menperkenalkan bahasa pemrograman baru dengan nama PL/I (Programing Language 1) yang lebih ditujukan untuk keperluan bisnis dan penelitian.

lima tahun kemudian yaitu pada Tahun 1969 laboratorium Bell ATdanT di Murray, New Jersey mempergunakan bahasa assembly untuk mengembangkan sistem operasi Unix yang bertujuan untuk membuat program antarmuka yang bersifat programmer friendly. Setelah Unix berjalan, muncul lah bahasa pemrograman baru yang ditulis oleh Martin Richards dengan nama bahasa BCPL (Basic Combined Programming Language).

Lalu pada tahun 1970, seorang pengembang sistem dari laboratorium tersebut yang bernama Ken Thompson membuat bahasa B yang akan digunakan untuk menulis ulang sistem operasi Unix. Nama “B” ini diambil dari huruf pertama dalam kata BCPL.

Karena alasan bahwa bahasa B masih banyak kekurangan, maka dari itu di tahun 1971 seorang pengembang sitem bernama Dennis Ritchie, yang juga bekerja sama di laboratorium , menciptakan bahasa baru dengan nama C yang bertujuan untuk menulis ulang dan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada sistem operasi Unix sebelumnya. Menurut informasi yang ada, nama “C” ini juga diambil dari huruf kedua dalam kata BCPL.

Sejak itu bahasa C terus digunakan untuk menjalankan sistem operasi Unix, sampai akhirnya pada tahun 90-an bahasa C ini digunakan untuk mengembangkan sistem operasi Windows dan sekarang ini digunakan untuk mengembangkan sistem operasi Linux.

Selain untuk menulis program , di kalangan industri hiburan, Bahasa C juga banyak dipergunakan dalam mengembangkan perangkat lunak untuk bermain. Hal inilah yang mempengaruhi bahasa C menjadi bahasa yang sangat populer di kalangan industri perangkat lunak.

 

code Blocks
Code::Blocks adalah suatu aplikasi gratis yg dapat di download di internet dan aplikasi ini dapat menjalankan program bahasa C
berikut tampilan yg ada pada Code blocks :
tampilan code blocks
dan dibawah ini adalah output dari script yang telah saya jalankan :
output
berikut dibawah ini adalah script yang telah saya buat :

/* parameter fungsi */

#include <stdio.h>

/* definisi fungsi terbesar */
void terbesar(int a, int b){ /* a, b parameter formal */
if(a > b)
printf(“Bilangan terbesar adalah %d”, a);
else
printf(“Bilangan terbesar adalah %d”, b);
}

/* fungsi utama */
int main(){
int A, B, hasil;
puts(“Assalamualaikum”);
puts(“nama saya Raden Bayu Nur Azhar”);
puts(“Dari Kelas SI 17A”);
puts(“di perguruan Tinggi STMIK Bina Insani”);
puts(“saya akan mencari bilangan terbesar”);
puts(“Masukkan 2 bilangan bulat”);
printf(“Bilangan pertama: “);
scanf(“%d”, &A);
printf(“Bilangan kedua: “);
scanf(“%d”, &B);

/* pemanggilan fungsi terbesar */
terbesar(A, B); /* A, B paramater aktual */

return 0;
}

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s